Pilihan Menu Diet Keto yang Direkomendasikan untuk Pemula
0 Comments

Bagi Anda yang masih mencari-cari jenis diet yang tepat untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda coba untuk menjalani diet keto. Diet keto merupakan jenis diet rendah karbohidrat, yang penurunan berat badan disebabkan oleh proses ketosis dalam tubuh. Bagi para pemula diet keto, bisa menjadikan ragam menu diet keto di bawah ini, sebagai referensi menu sehari-hari.

  1. Telur

Bagi Anda yang baru memulai diet keto, bisa menjadikan telur sebagai pilihan menu diet. Dengan mengonsumsi telur, Anda akan merasa kenyang lebih cepat. Hal ini disebabkan karena telur mengandung hormon leptin atau disebut juga hormon kenyang, yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah. Stabilnya gula darah mencegah Anda untuk makan dalam jumlah berlebihan.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung mineral jenis potasium, yang mempermudah tubuh Anda untuk bisa beradaptasi dengan diet keto yang baru saja Anda jalankan. Dalam buah alpukat seberat 100 gram, terkandung karbohidrat bersih sekitar 2 gram saja. Khasiat lain dari pengonsumsian alpukat dalam menjalani diet keto adalah dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida hingga mencapai 22 persen.

  1. Daging

Daging bisa dibilang sebagai makanan utama dalam menjalankan diet keto. Daging tak mengandung karbohidrat, namun makanan ini kaya akan vitamin B dan juga mineral seperti selenium, potasium, dan zink. Daging juga kaya akan protein, yang bisa mempertahankan massa otot selama Anda diet. Jenis daging yang disarankan adalah daging dari hewan yang mengonsumsi rumput.

  1. Minyak Kelapa

Gunakan minyak kelapa dalam menu makanan Anda selama menjalani diet keto. Lemak yang dikandung oleh menu diet keto satu ini, dapat diserap dengan mudah oleh liver dan langsung diubah menjadi keton atau sumber energi kilat. Tak hanya itu, asam lemak utama yang terkandung dalam minyak kelapa, mampu mempertahankan kondisi ketosis atau pemecahan lemak dalam tubuh.

  1. Sayuran Hijau

Selalu sediakan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, selada, sawi, dan kol di rumah, saat Anda menjalani diet keto. Sayuran hijau selain mudah untuk diperoleh, juga dikenal rendah akan kandungan kalori. Sayuran hijau juga dipastikan mengandung persentase serat yang banyak, yang tak akan dicerna dan diserap oleh tubuh, layaknya karbohidrat lainnya.

  1. Seafood 

Makanan laut atau seafood merupakan jenis makanan yang bisa menciptakan kondisi ketosis dalam tubuh. Jadikan ikan dan kerang-kerangan sebagai salah satu menu makanan Anda, saat baru menjalani diet keto. Ikan diketahui kaya akan vitamin B, potasium, selenium, dan omega 3. Untungnya, ikan tak mengandung karbohidrat yang dapat menyebabkan berat badan bertambah.

Sebagai pemula, Anda bisa menjadikan variasi makanan di atas sebagai menu diet keto yang baru saja Anda jalani.  Variasikan makanan Anda setiap harinya, baik saat makan pagi, siang, dan malam, agar tak merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Jika Anda rutin menjalankan diet keto, bisa dipastikan berat badan Anda akan turun dalam beberapa bulan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *